fbpx

Bolen Pisang, Salah Satu Oleh-oleh Sukabumi Paling Disayang

Bolen Pisang Cokelat coklat

“Bolen” pisang apa “bollen” pisang sih yang bener? Ternyata kedua istilah ini tidak ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) lho Amor Lovers! Tapi semua jenis bolen ada di outlet Boluamor pastinya yang bisa dijadikan oleh-oleh Sukabumi.

Konon, kata “bolen” diambil dari istilah mesin pada truk pengaduk semen yang memiliki bentuk bulat dan lonjong. Nah, karena bentuknya itulah istilah bolen digunakan untuk menyebut kue pastry lezat yang berisi pisang ini.

Ya, memang jauh sih lintas istilahnya ya, dari istilah bangunan ke istilah makanan. Tetapi keduanya memang sama-sama melalui proses pengadonan. Bedanya, kalau truk bolen digunakan buat adonan semen sedangkan bolen pisang melalui adonan khas Boluamor yang lezatnya bikin merem-melek.

Setelah tahu istilah bolen, pasti Amor Lovers bertanya-tanya, “Terus kalau bolen sama molen, artinya sama gak?”

Mungkin beberapa orang nganggepnya sama, tetapi sebetulnya keduanya memiliki perbedaan yang jelas. Penggunaan kata “bolen” ditujukan pada makanan/kue dengan tekstur kulit lebih lembut dengan teknik pastry. 

Waduh, pastry? Apa lagi ini? 

Sebetulnya pastry ini memiliki beberapa teknik turunan yang diaplikasikan sesuai kebutuhan produk masing-masing. Akan tetapi secara garis besar pastry atau pastri dapat dikatakan sebagai suatu proses pengolahan adonan dengan memadukan teknik cooking dengan baking alias dipanggang. Jadi, kue bolen termasuk pada kategori kue pastry karena cara memasaknya menggunakan teknik ala Prancis ini.

Kembali ke lap… Eh, ke bolen maksudnya. He…he…

Bolen juga memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan molen, harganya pun cenderung lebih tinggi sesuai dengan cita rasa yang disuguhkan tentunya. Biasanya hanya tersedia di toko kue dan makanan tertentu, seperti di outlet Boluamor gitu deh.

Sebaliknya, molen memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan bolen. Molen juga biasanya lebih mudah didapatkan karena banyak warung atau pedagang gorengan di pinggir jalan yang menjajakan penganan dengan balutan garing dan manis ini.

Tidak Hanya Bolen Pisang, Ada 3 Bolen Lainnya

Tahukah Amor Lovers? Bolen tidak hanya kue pastry dengan isian pisang saja, ada juga bolen-bolen lezat lainnya. Baik itu varian bolen pisang yang dipadukan dengan bahan lain maupun bolen dengan isian bahan berbeda selain pisang. Berikut ini akan diulas berbagai macam bolen yang dibuat oleh Boluamor sebagai jajanan kekinian untuk buah tangan saat pulang dari Sukabumi.

Di era digital seperti sekarang mungkin membuat Amor Lovers sedikit bingung, karena banyak informasi terkait kue bolen yang bermunculan di berbagai media tak terkecuali aplikasi daring seperti Gofood dan Grabfood.

Tentu setiap sajian dari produsen berbeda memiliki cita rasanya masing-masing. Begitupun kue bolen dari Boluamor yang memiliki rasa khas andalan dengan berbagai inovasi demi menjadi oleh-oleh Sukabumi terfavorit. 

Amor Lovers masih ingat kan? Atas dukungan dari Amor Lovers semuanya, Boluamor mendapatkan penghargaan “Siddhakarya” Gubernur Jawa Barat pada tahun 2020 silam sebagai salah satu perusahaan makanan dengan produk paling laris bahkan tidak terdampak pandemi.

Digemarinya produk Boluamor seperti halnya kue bolen ini, tak luput dari hasil riset mendalam baik riset bagian internal maupun eksternal terlebih dulu sebelum menetapkan launch setiap produk baru.

Bolen pisang ini mengutamakan pisang sebagai bahan uatama pada bagian dalam, komposisi bahan terdiri dari adonan tepung pilihan untuk menghasilkan tekstur kulit bolen yang memiliki sensasi kres saat digigit. Campuran mentega yang smooth membuat lilitan kulitnya terasa lebih legit pada setiap sudutnya.

Teknik pan frying yang diaplikasikan pada pisang sebagai isian, membuat cita rasa bagian dalam pisang lebih lunak saat digigit namun tetap kering pada tekstur pisang bagian luar. Olesan kuning telur menghasilkan rasa gurih dan lezat saat menyantapnya.

Ini dia 3 macam kue bolen dari Boluamor yang lagi ngehits buat dijadikan oleh-oleh Sukabumi.

Bolen Pisang Keju

Bolen Pisang Keju
Bolen pisang keju dari Boluamor.

Amor Lovers sudah bisa menebak dengan mudah kalau bolen pisang ini memiliki tambahan keju pada komposisi bahannya. 

Teknik cooking dari chef profesional membuat setiap produk Boluamor menjamin setiap kelezatannya, komposisi keju yang dipotong padat mengisi pisang sebagai isian lilitan garing pada kue bolen ini.

Tidak lupa, parutan keju di atasnya menjadikan rasa kejunya selalu menempel di setiap gigitan penikmatnya.

Meskipun keju ini bukan makanan yang berasal dari negeri sendiri, akan tetapi rasa asin-gurihnya mampu memikat selera masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan. Oleh karena itu, keju sering kali dibuat sebagai bahan pelengkap pada banyak makanan.

Pada awalnya keju ini diproduksi di Swiss pada abad ke-19, kemudian diperbesar skalanya di Amerika Serikat. Hingga kini, keju memiliki sedikitnya 400 varian yang tersebar di seluruh pelosok bumi tak terkecuali di Indonesia negara kita tercinta.

Khususnya di Sukabumi sendiri, olahan dari susu ini terlihat sangat digemari oleh masyarakat dari semua usia. Terbukti dengan larisnya Bolen Pisang Keju Boluamor ini.

Amor Lovers juga pasti suka kan

Bolen Pisang Cokelat

Bolen Pisang Cokelat coklat
Bolen pisang cokelat dari Boluamor.

Cokelat memang salah satu nama makanan yang sering memikat setiap orang, khususnya dari kalangan ladies. Bahkan sering kali cokelat ini dikait-kaitkan dengan rasa sayang, mungkin karena rasanya yang bisa banget menciptakan suasana jadi lebih manis dan makin sayang.

Tahu gak Amor Lovers? Makanan dari biji kakao ini ternyata identik dengan gaya hidup mewah bangsawan Eropa pada awal abad 20 lho. Pada zamannya tidak setiap orang bisa menikmati kelezatan cokelat ini. Untung saja di era kekinian, cokelat semakin mudah didapat bahkan jadi cemilan sehari-hari masyarakat Indonesia. 

Wajar aja kalau bolen pisang cokelat Boluamor jadi salah satu produk oleh-oleh Sukabumi yang banyak dicari para pengunjung dari luar kota. Karena perpaduan rasa piscok alias pisang cokelat di dalam disertai taburan cokelat di bagian luarnya bisa banget bikin setiap pasang mata jadi terpesona.

Baca juga: Oleh Oleh Sukabumi Khas Banget, Di Sini Tempatnya!

Kombinasi Cokelat dan Keju

oleh oleh sukabumi
Bolen pisang choco-cheese dari Boluamor.

Ini ni…! Bolen yang bisa menyatukan para penggemar cokelat dan keju dalam waktu yang bersamaan. Sudah ada pisang, cokelat, ada keju pula. Lengkap sudah, tiga kelezatan disatukan dalam satu suapan. Pasti bikin Amor Lovers penasaran untuk mencicipinya bersama keluarga tercinta di rumah.

Dua jenis bahan ini sebenarnya memiliki rasa yang berseberangan, yang satu asin dan gurih sedangkan yang satunya identik dengan rasa manis. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit orang yang ingin menghadirkan dua rasa ini dalam satu jenis makanan. Bahkan, dilansir CNN Indonesia (27/9) perkawinan dua rasa  yang berbeda ini menjadi tren baru di Australia.

Ini pertanda bahwa dua perbedaan yang disatukan tidak selamanya pecah dan berujung buruk karena dengan komposisi yang pas bisa bikin keduanya ngeblend menjadi cita rasa yang mantap.

Baca juga: Bolu Pisang Sukabumi yang Banyak Dicari

Bolen Durian

Bolen durian wijen
Bolen durian dengan taburan wijen dari Boluamor.

Satu lagi produk bolen andalan dari Boluamor, “Bolen Durian” namanya. Kalau sudah bicara tentang “Si Raja Buah” yang satu ini, pasti bikin setiap orang yang mendengarnya menjilat bibir dan jari-jari yang terbayang-bayang lumer sama daging durian yang belepotan. Saat membicarakannya, aroma menyengat nikmat terasa menempel begitu saja pada kedua lubang hidung. Wuuuh, sudah kebayang deh rasa daging durin yang legit dalam lingkarang garingnya kue pastry.

Eh, btw kenapa durian disebut Si Raja Buah ya?

Usut punya usut, ternyata buah tropis ini sering kali disebut “Raja Buah” di daerah asalnya, Asia Tenggara. Julukan ini disematkan karena buah berduri ini memiliki ukuran yang relatif lebih besar dan berat dibandingkan dengan buah lainnya. Tidak hanya itu, aromanya yang menyengat disertai segala kelebihan yang ada di dalamnya juga menjadi alasan lain buah ini dijuluki “Si Raja Buah”. 

Bayangkan Amor Lovers! Aroma kuat durian melambai-lambai di sekitar indera penciuman, semua kelezatannya menggeliat keluar hanya dalam sekali gigitan, diakhiri dengan pertemuan lidah dengan empuknya daging durian yang telah dipisahkan dari bijinya.

Waduh, jadi ngiler ni!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *